KISI-KISI SOAL UKK 2014-2015
Jenis Sekolah : SMK Alokasi
Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Jumlah soal : 50 butir
Kurikulum : KTSP Bentuk soal : Pilihan ganda
Bahan Kelas/ smt :
XI / Genap Penulis : Tim MGMP Bhs. Indonesia
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa
Indonesia Setara Tingkat Madya Penelaah :
NO
|
KD ( Kompetensi Dasar)
|
Indikator Pencapaian
|
Tingkat
Ranah
Kognitf
|
KLS/ SMT
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Tingkat
Ranah
Kognitif
|
Jml
Soal
|
No
Soal
|
1
|
2.7. Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
|
Berkomunikasi dengan
mengunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun.
|
C3
|
XI/4
|
· Kata, bentuk kata.
· Percakapan yang santun dan tidak santun.
|
·
Disajikan kalimat, siswa dapat
menentukan percakapan yang baik lewat telepon.
·
Disajikan kalimat, siswa dapat
menyanggah pendapat secara sopan.
·
Disajikan kalimat, siswa dapat
mengucapkan permohonan maaf yang baku.
·
Disajikan kalimat, siswa dapat
menentukan sikap komunikasi yang tidak baik
·
Disajikan kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat yang santun
|
C3
C3
C3
C4
C2
|
1
1
1
1
1
|
1
2
3
4
5
|
Memanfaatkan pola gilir dalam
berkomunikasi secara efektif
|
·
Komunikasi yang efektif
|
· Disajikan kalimat, siswa dapat memberi
kesempatan kepada orang lain untuk berbicara.
· Disajikan kalimat, siswa dapat memberikan saran
atau usul.
|
C4
C4
|
1
1
|
6
7
|
||||
8
|
2.8.Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara
dalam konteks bekerja
|
Menggunakan kata atau
ungkapan dalam memulai atau mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun
non formal
Mampu menanggapi informasi
secara santun dan logis
|
C3
C3
|
XI/ 4
|
· Kata atau ungkapan dalam memulai berbicara atau
mengakhiri
· Tanggapan logis
· Tanggapan positif
· Ide pokok dialog
|
·
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat memulai percakapan
·
Disajikan
sebuah kalimat, siswa dapat mengakhiri percakapan
·
Disajikan penggalan
dialog, siswa dapat menentukan isi dialog tersebut
·
Disajikan penggalan paragraf,
siswa dapat menentukan tanggapan logis terhadap isi paragraf.
·
Disajikan penggalan paragraf,
siswa dapat menentukan tangapan positif terhadap isi paragraf.
·
Disajikan kalimat,
siswa dapat menentukan kalimat yang tidak santun berbahasa
·
Siswa dapat
menentukan ungkapan percakapan lewat telepon
·
Disajikan dialog,
siswa dapat menentukan ide pokok dialog
|
C2
C2
C3
C2
C2
C2
C2
C3
|
1
1
1
1
1
1
1
1
|
8
9
26
27
28
29
30
31
|
9
|
2.9.Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
|
Membuat notula
Menyampaikan gagasan yang
tepat dengan topik diskusi
Menyampaikan pendapat tanpa
menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan santun dan ekspresif
|
C6
|
XI/ 4
|
· Diskusi
· Notula
|
· Disajikan sebuah kaliimat, siswa dapat meyakinkan pendapat dalam
diskusi.
· Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat
memberikan pendapat yang santun.
· Disajikan sebuah kalimat siswa dapat memberikan
sanggahan
· Sswa dapat menentukan katan untuk menyanggah
· Siswa dapat menentukan klaimat sanggahan yang
tepat dan santun
· Disajikan sebuah paragraph siswa dapat menentukan
kalimat sanggahan yang tepat
· Siswa dapat menentukan kalimat yang paling santun untuk mengemukakan
sanggahan
· Siswa dapat menentukan isi laporan diskusi
· Disajikan penggalan laporan diskusi, siswa dapat
mengidentifikasi kalimat saran
· Disajikan kutipan diskusi, siswa dapat
menyimpulkan notulen diskusi
· Disajikan penggalan ilustrasi diskusi, siswa
menentukan kalimat penolakan yang tepat
· Disajikan penggalan diskusi, siswa dapat
menentukan jenis diskusi dengan tepat.
|
C2
C3
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C3
C2
C2
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
10
11
12
13
14
15
32
33
34
35
36
37
|
10
|
2.10.Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks
bekerja
|
Membuat program kerja dan proposal
|
C6
|
XI/ 4
|
· Proposal
· Ketrampilan dalam bernegosiasi
· Langkah-langkah negosiasi
|
· Disajikan penggalan kalimat siswa dapat menentukan
kalimat taktik negosiasi
· Disjikan paragraf siswa dapat menentukan kalimat
taktik sanggahan
· Disajikan penggalan unsur proposal, siswa dapat menentukan bagian proposal tersebut.
· Diasjikan dialog, siswa dapat menentukan taktik
bernegosiasi
· Disajikan paragrapf, siswa dapat menentukan langkah
pendahulauan dalam bernegosiasi.
· Disajikan tahapan-tahapan negosiasi, siswa dapat
menentukan tahap persiapan negosiasi
|
C2
C2
C2
C2
C2
C1
|
1
1
1
1
1
1
|
16
17
38
39
40
41
|
11
|
2.11.Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam
konteks bekerja
|
Membuat berbagai jenis laporan
|
C6
|
XI/ 4
|
· Macam-macam/ jenis laporan
|
· Disajikan sebuah teks laporan siswa dapat
menentukan jenis laporan
· Disajikan sebuah penggalan wacana siswa dapat
menentukan simpulannya
· Siswa dapat menulis judul laporan yang benar
· Siswa dapat menetukan sistematiaka lapoaran studi
banding
· Siswa dapat menentukan kaliamat laporan
|
C2
C3
C2
C3
C3
|
1
1
1
1
|
18
19
20
42
43
|
12
|
2.12.Menulis wacana narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi
|
Menulis berbagai macam bentuk
wacana
|
C5
|
XI/ 4
|
· Macam-macam / jenis karangan
|
· Disajikan sebuah teks karangan siswa dapat
menentukan jenis karangan
· Disajikan sebuah teks karangan siswa dapat
menentukan jenis karangan
· Disajikan sebuah teks karangan siswa dapat
menentukan jenis karangan
· Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan jenis karangan
·
Disajikan kerangka
karangan yang acak, siswa dapat mengurutkan secara tepat
·
Disajikan sebuah
ilustrasi, siswa dapat menentukan bentuk karangan yang tepat
|
C3
C3
C3
C3
C4
C3
|
1
1
1
1
1
1
|
21
22
23
44
45
46
|
2.13.Meringkas dan
menyimpulkan teks tertulis dalam konteks bekerja
|
Menyusun ringkasan dan
menyimpulkan suatu teks
|
C5
|
XI/4
|
· Bentuk ringkasan
·
Pola penalaran
pengambilan simpulan
|
· Disajikan sebuah paragraf siswa dapat menentukan jenis
simpulan penalaran
· Disajikan sebuah paragraf siswa dapat menentukan
jenis penalaran
· Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan
ringkasan yang tepat.
· Disajikan sebauah paragrapf, siswa dapat menentukan
kalimat ringkasan yang tepat
· Disajikan sebuah paragrapf, siswa dapat menentukan
bentuk penalaran.
· Disajikan sebuah penalaran silogisme, siswa dapat
menentukan pernyataan khususnya
|
C4
C4
C3
C4
C4
C3
|
1
1
1
1
1
1
|
24
25
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar