Kamis, 28 Mei 2015

kisi-kisi soal ukk kelas X mata pelajaran bahasa Indonesia



KISI-KISI SOAL UKK
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Jenis Sekolah               : SMK                                                                                                                                      Alokasi Waktu             : 90 Menit
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia                                                                                                                   Jumlah Soal                 : 50 Butir
Kurikulum                   : KTSP                                                                                                                                     Penulis                                     : Tim MGMP.
Kelas/Semester            : X / Genap                                                                                                                              Bentuk Soal                 : Pilihan Ganda
Standar Kompetensi     : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Bahan/
Semester
Materi
Indikator Soal
Tingkat Ranah kognitif
Nomor Soal
1.7
Menggunakan kalimat yang baik dan santun
Menggunakan kalimat yang efektif dan santun.
X/2
-     Kalimat efektif / tidak efektif


-     Kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan
-     Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut


-     Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan



1
2


3
4
5
1.8
Menucapkan kalimat dengan jelas, lancar, dan wajar
Menggunakan kalimat aktif, pasif, dan kalimat bernalar.

X/2
-      Kalimat efektif
-      Kalimat pasif
-      Kalimat bernalar
-      Pola kalimat dan variasinya.

-      Siswa dapat menentukan kalimat aktif transitif dengan tepat


-      Siswa dapat menetukan kalimat pasif dengan tepat

-      Siswa dapat menentukan perbaikan kalimat salah nalar dengan benar.

-      Disajikan sebuah pola kalimat, siswa dapat menetukan kalimat yang sesuai dengan pola kalimat tersebut.
-      Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan yang bukan variasi kalimat tersebut.

6
7
8

9
10

11
12

13
14

15
16
1.9
Menulis dengan memanfaatkan kategori/ kelas kata
Menggunakan kata berdasarkan kelas kata
X/2
Kelas kata
-      Siswa dapat menentukan kata kerja dalam kalimat

-      Siswa dapat melengkapi kalimat yang rumpang dengan kata kerja


-      Siswa dapat menentukan deretan kata kerja


-      Siswa dapat melengkapi kalimat yang rumpang dengan kata penghubung yang tepat.


17
18

19
20


21
22

23
24
25
No
Kopetensi dasar
Indicator pencapaian
Bahan kelas/semester
materi
Indicator soal
Tinkat Ranah Kognitif
No soal
1.10
- membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
- membuat berbagai teks tertulis
X/2
-          Jenis teks tertulis
-          Disajikan sistematika penyusunan karangan, siswa dapat mengurutkan penyusunan karangan dengan tepat
-          Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan dari paragraf tersebut
-          Disajikan sebuah paragraf  , siswa dapat menentukan jenis karangan
-          Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan pokok dengan tepat.
-          Disajikan sebuah illustrasi,siswa dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
-          Disajikan sebuah illustrasi, siswa dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan illustrasi tersebut.
-          Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan ungkapan dengan tepat
-          Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan kata yang bersinonim dengan tepat.
-          Disajikan sebuah paragraph, siswa dapat meentukan kalimat utamanya
-          Disajikan sebuah pargraf, siswa dapat mengurutkan kalimat-kalimat men’jadi paragrapf induktif
C4




C2



C4



C2



C3




C3




C2



C3



C3



C3
26




27



28



29



30




31




32



33



34



35

1.11
Menggunakan kalimat tanya secara tertulis  sesuai dengan situasi komunikasi
-          Menggunakan kalimat tanya
x/2
-          Macam macam alimat tanya
-          Disajikan sebuah ilustrasi, sesuai dapat menentukan kalimat tanya yag jawabannya tdak terdapat dalam ilustrasi tersebut
-          Siswa dapat menentukan kalimat tanya klarifikasi
-          Disajikan sebuah ilustrasi siswa dapat menentukan kalimat tanya yangjawabannya sesuai dengan isi ilustrasi tersebut.
-          Disajikan dialog, siswa dapat menentukan kalimat tanya retorik yang terdapat dalam dialog tersebut
-          Disajikan sebuah kalimat  tanya tersamar, siswa dapat menentukan tujuan kalimat tersamar tersebut

-          Disajikan sebuah illustrasi, siswa dapat menentukan kalimat tanya untuk mengklarifikasikan degan bahasa yang tepat dan santun.

-          Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat tanya tersamar dengan tepat

C2





C2

C4





C2




C2




C3







C3

36





37

38





39




40




41







42
1.12
Membuat parafrasa dari teks tertulis
-          Membuat parafrasa
X/2
-          parafrasa puisi, dialog, dan wacana
-          Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan maksud puisi tersebut

-          Disajikan sebuah dialog, siswa dapat menentukan inti dialog tersebut.

-          Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut.

-          Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan majas dengan tepat
-          Disajikan sebuah biografi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesui dengan isi biografi tersebut
-          Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan watak tokoh
-          Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat membuat parafrasa dari kalimat tersebut
-          Disajikan sebuah percakapan, siswa dapat membuat arafrasa dari percakapan tersebut.



C3



C3



C3



C2


C3




C2


C3



C3
43



 44



45



46


47




48


49



50
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar