KISI-KISI
SOAL UKK
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
Jenis
Sekolah : SMK Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 50 Butir
Kurikulum : KTSP Penulis : Tim MGMP.
Kelas/Semester : X / Genap Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan
bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
Bahan/
Semester
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Tingkat
Ranah kognitif
|
Nomor
Soal
|
1.7
|
Menggunakan
kalimat yang baik dan santun
|
Menggunakan
kalimat yang efektif dan santun.
|
X/2
|
- Kalimat efektif / tidak efektif
- Kalimat yang menyatakan
hubungan perbandingan
|
- Disajikan paragraf, siswa dapat
menentukan kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut
- Disajikan paragraf, siswa dapat
menentukan kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan
|
|
1
2
3
4
5
|
1.8
|
Menucapkan
kalimat dengan jelas, lancar, dan wajar
|
Menggunakan
kalimat aktif, pasif, dan kalimat bernalar.
|
X/2
|
- Kalimat efektif
- Kalimat pasif
- Kalimat bernalar
- Pola kalimat dan variasinya.
|
- Siswa dapat menentukan kalimat
aktif transitif dengan tepat
- Siswa dapat menetukan kalimat
pasif dengan tepat
- Siswa dapat menentukan
perbaikan kalimat salah nalar dengan benar.
- Disajikan sebuah pola kalimat,
siswa dapat menetukan kalimat yang sesuai dengan pola kalimat tersebut.
- Disajikan kalimat, siswa dapat
menentukan yang bukan variasi kalimat tersebut.
|
|
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
1.9
|
Menulis
dengan memanfaatkan kategori/ kelas kata
|
Menggunakan
kata berdasarkan kelas kata
|
X/2
|
Kelas
kata
|
- Siswa dapat menentukan kata
kerja dalam kalimat
- Siswa dapat melengkapi kalimat
yang rumpang dengan kata kerja
- Siswa dapat menentukan deretan
kata kerja
- Siswa dapat melengkapi kalimat
yang rumpang dengan kata penghubung yang tepat.
|
|
17
18
19
20
21
22
24
25
|
No
|
Kopetensi
dasar
|
Indicator
pencapaian
|
Bahan
kelas/semester
|
materi
|
Indicator soal
|
Tinkat
Ranah Kognitif
|
No soal
|
1.10
|
-
membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih
kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
|
-
membuat berbagai teks tertulis
|
X/2
|
-
Jenis
teks tertulis
|
-
Disajikan
sistematika penyusunan karangan, siswa dapat mengurutkan penyusunan karangan
dengan tepat
-
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan dari paragraf tersebut
-
Disajikan
sebuah paragraf , siswa dapat
menentukan jenis karangan
-
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan pokok dengan tepat.
-
Disajikan
sebuah illustrasi,siswa dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut
-
Disajikan
sebuah illustrasi, siswa dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan
illustrasi tersebut.
-
Disajikan
sebuah paragraf , siswa dapat menentukan ungkapan dengan tepat
-
Disajikan
sebuah kalimat, siswa dapat menentukan kata yang bersinonim dengan tepat.
-
Disajikan
sebuah paragraph, siswa dapat meentukan kalimat utamanya
-
Disajikan
sebuah pargraf, siswa dapat mengurutkan kalimat-kalimat men’jadi paragrapf
induktif
|
C4
C2
C4
C2
C3
C3
C2
C3
C3
C3
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
|
1.11
|
Menggunakan
kalimat tanya secara tertulis sesuai
dengan situasi komunikasi
|
-
Menggunakan
kalimat tanya
|
x/2
|
-
Macam
macam alimat tanya
|
-
Disajikan
sebuah ilustrasi, sesuai dapat menentukan kalimat tanya yag jawabannya tdak
terdapat dalam ilustrasi tersebut
-
Siswa
dapat menentukan kalimat tanya klarifikasi
-
Disajikan
sebuah ilustrasi siswa dapat menentukan kalimat tanya yangjawabannya sesuai
dengan isi ilustrasi tersebut.
-
Disajikan
dialog, siswa dapat menentukan kalimat tanya retorik yang terdapat dalam
dialog tersebut
-
Disajikan
sebuah kalimat tanya tersamar, siswa
dapat menentukan tujuan kalimat tersamar tersebut
-
Disajikan
sebuah illustrasi, siswa dapat menentukan kalimat tanya untuk
mengklarifikasikan degan bahasa yang tepat dan santun.
-
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat tanya tersamar dengan tepat
|
C2
C2
C4
C2
C2
C3
C3
|
36
37
38
39
40
41
42
|
1.12
|
Membuat
parafrasa dari teks tertulis
|
-
Membuat
parafrasa
|
X/2
|
-
parafrasa
puisi, dialog, dan wacana
|
-
Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat menentukan maksud puisi tersebut
-
Disajikan
sebuah dialog, siswa dapat menentukan inti dialog tersebut.
-
Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut.
-
Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat menentukan majas dengan tepat
-
Disajikan
sebuah biografi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesui dengan isi
biografi tersebut
-
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan watak tokoh
-
Disajikan
sebuah kalimat, siswa dapat membuat parafrasa dari kalimat tersebut
-
Disajikan
sebuah percakapan, siswa dapat membuat arafrasa dari percakapan tersebut.
|
C3
C3
C3
C2
C3
C2
C3
C3
|
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar